Tuesday, February 19, 2013

Belajar Membaca dan Menulis pada Anak


membaca

Semua Ada Disini-Membaca dan menulis merupakan kesatuan yang tidak dapat di pisahkan karena ke duanya memiliki hubungan yang saling berkaitan,sehingga membaca dan menulis itu menjadi dasar dalam sebuah pembelajaran yang ada di lingkungan sekolah. Di lihat dari fungsi dan kegunaanya yang begitu penting, proses membaca dan menulis itu berada pada tingkatan kelas terendah seperti di lingkungan Sekolah Dasar, membaca dan menulis menjadi faktor penting yang harus di kuasai anak ketika berada di tingkat sekolah dasar sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar, maka di tingkat inilah anak bener-bener di bimbing dan di arahkan guru untuk dapat membaca dan menulis.

Dalam proses pembelajaran yang mengarah kepada belajar membaca dan menulis sebenarnya tidak hanya terjadi dalam pembelajaran yang berada di lingkungan sekolah dasar pada tingkat kelas rendah saja melainkan juga ada faktor dalam yaitu di lingkungan keluarga yang memegang peranan lebih penting karena keberadaan anak lebih banyak berada di rumah dan itu menjadi tugas orang tua selaku orang yang dekat dengan anak, proses belajar membaca dan menulis pada anak tidak hanya bertumpu pada hal yang formal (harus belajar dengan buku) melainkan juga dapat di terapkan oleh orang tua yaitu dengan membelikan mainan yang mengacu pada pengenalan huruf dan bersifat mengeja serta yang paling penting adalah anak tidak terbebani dalam proses membaca dan menulis tersebut sehingga anak menjalani proses tersebut dengan senang, gembira dan antusis yang akan memudahkan anak dalam pemahaman yang lebih cepat.

Proses belajar pada anak yang di iringin dengan rasa gembira serta antusias itu lebih mengena pada anak sehingga anak dalam menjalani proses belajar membaca dan menulis tersebut lebih kepada kepuasaan serta kegembiraan yang otomatis tidak merasa bahwa dia sedang belajar tetapi lebih menggangap itu merupakan bermain karena dalam proses belajar membaca dan menulis tersebut menggunakan media permainan yang tentu saja akan menarik minat anak untuk memainkan permainan tersebut yang anak tidak sadari bahwa dia itu sebenarnya sedang melakukan pembelajaran non formal yaitu di lingkungan keluarga.

Dengan demikian proses belajar yang berkaitan dengan belajar membaca dan menulis tersebut itu tidak harus di lakukan di lingkungan sekolah saja melainkan di lingkungan keluarga juga memegang peranan penting yang dalam pelaksanaanya itu tidak harus seperti proses belajar yang terjadi di lingkungan sekolah tetapi cenderung kepada metode bermain yang di disukai anak, seperti menyediakan permainan gambar yang bertuliskan huruf atau juga menebak gambar yang berawalan huruf dan lain-lain. di sini peran serta orang tua sangat kuat dan penting karena orang tua lebih mengenal karakter anaknya serta mengetahui permainan yang paling di sukai oleh anaknya.

No comments:

Post a Comment