Tuesday, February 19, 2013

Budaya Kliwonan di Kota Batang

tradisi Kliwonan

Semua Ada Disini-Kabupaten Batang yang berslogan Batang berkembang ini memiliki keunikan tersendiri dan menjadi salah satu ciri khas yang mungkin hanya terdapat di kota batang saja, bisa di katakan sebagai malam hiburan bagi masyarakat batang atau pasar murah rakyat. Ini di karenakan oleh pelaksanaanya yang berbentuk pasar rakyat sehingga menjadi tempat berkumpulnya para pedagang yang menjajakan daganganya,dan kegiatan tersebut bernama Kliwonan. Kliwonan itu sendiri dilaksanakan setiap malam jum’at kliwon dan berada tepat di alun-alun kabupaten batang. Bagi masyarakat batang kliwonan merupakan sebuah tradisi yang sudah menjadi perayaan rutin setiap bulan yang jatuh tepat pada hari kamis malam jum’at kliwon.

Perayaan ini sering di jadikan masyarakat batang sebagai ajang untuk berbelanja atau sekedar jalan-jalan ini di sebabkan Kliwonan tersebut banyak terdapat para penjual yang menjajakan dagangan yang serba variatif (bermacam-macam) serta semuanya mempunyai harga yang murah sehingga membuat Kliwonan banyak di kunjungi oleh masyarakat kabupaten Batang serta orang-orang yang tinggal di luar kota Batang. Selain orang-orang kota batang yang memanfaatkan Kliwonan itu sebagai tempat untuk berbelanja juga tidak sedikit para remaja yang menjadikan Kliwonan tersebut untuk ajang janjian ketemu dengan kekasih (pacar), sehingga secara tidak langsung Kliwonan memiliki manfaat bagi para pengunjung yang datang ke perayaan tersebut.

Selain perayaan Kliwonan yang di jadikan sebagian masyarakat kabupaten batang sebagai ajang untuk berbelanja serta sekedar jalan-jalan bersama keluarga atau janjian dengan pacar juga terdapat manfaat yang sangat penting khususnya bagi masyarakat kabupaten Batang yaitu perayaan Kliwonan di jadikan sebagai sarana untuk mempersatukan masyarakat yang berada di berbagai desa dan kelurahan yang di satukan melalui perayaan Kliwonan di kota batang yaitu di alun-alun kabupaten batang. Dan melalui perayaan Kliwonan tersebut menjadi salah satu faktor penting dalam mewujudkan masyarakat yang rukun, tentram serta damai di kabupaten batang sehingga menjadikan masyarakat kota batang hidup rukun dan tercipta ketentraman di masyarakat kabupaten batang tersebut. 

Dari keunikan serta tradisi yang sudah berjalan lama tersebut perayaan Kliwon yang ada di Kota Batang ini sudah cukup di kenal oleh masyarakat yang tinggal di luar kota Batang, sehingga secara tidak langsung perayaan Kliwonan di kota batang menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang di luar kota batang yang ingin mengunjungi dan merasakan Kliwonan di kota batang. Memang perayaan Kliwon ini sudah cukup banyak yang mengunjungi dari luar kota batang bahkan para penjual yang menjajakan daganganya juga kebanyakan dari luar kota batang, ini berarti perayaan Kliwonan yang ada di kota batang sudah cukup  di kenal di luar kota Batang. 

Maka sebagai masyarakat kota batang, perayaan Kliwonan tersebut harus selalu di jaga dan di lestarikan agar tradisi Kliwonan di kota batang ini dapat lebih di kenal bagi orang-orang luar yang ada di luar kota, karena tradisi Kliwonan tersebut merupakan kebanggan dan budaya masyarakat kota Batang dan sudah menjadi identitas kota Batang. 



No comments:

Post a Comment